Pages

Labels

1/14/11

Surat Lamaran Kerja

DIGITALONLINECLASS-

Sebelum membuat surat lamaran kerja ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja sebagai berikut :

1. Surat lamaran harus Impresif.
Isi surat lamaran kerja hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak terlalu merendah. Intinya tampilkan jati diri kita secara menarik.

2.Surat lamaran harus menarik minat calon atasan.
Buatlah surat lamaran kerja yang ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria kita. Ingat kesan pertama sangatlah penting.

3.Sebutkan kualifikasi yang diraih dalam surat lamaran.
Contoh prestasi kerja maupun pengalaman yang sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan.

4.Pergunakanlah bahasa yg sederhana & ringkas.
Kita mempunyai kesempatan lain untuk menjabarkan semua kelebihan dan kualitas diri kita dalam kesempatan wawancara.

5.Perhatikan kalimat dalam surat lamaran.
Hindari penggunaan kalimat yang tidak efektif, kalimat ulang yang tidak jelas, ejaan yang salah, dan tata bahasa yang buruk.

6.Surat lamaran kerja berbahasa Indonesia.
Sebaiknya pergunakan bahasa Indonesia saja. Jika tidak diminta, hindari penggunaan bahasa Inggris.

7.Tujuan dan alasan melamar kerja.
Cantumkan tujuan dan alasan melamar. Biasanya tujuan yang sering disebutkan adalah bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman memadai dalam bidang pekerjaan tertentu, dan dengan bergabungnya kita ke suatu perusahaan akan dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan tersebut.

8.Kerapian surat.
Jangan menulis atau mencetak dengan tinta yang terlalu tipis, dan hindari penggunaan tipp-ex. Pergunakan kertas yangg bagus, bersih dan rapih, tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah terkoyak.

9.Buat surat lamaran dengan tulis tangan atau komputer?
Jika memungkinkan buatlah surat dengan komputer kecuali dipersyaratkan agar ditulis dengan tangan. Agar diperoleh kualitas tulisan yang setara dengan kualitas tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan sebisa mungkin hindari penggunaan printer dot matrix karena akan memberi kesan kita orang yang tertinggal dalam teknologi. Gunakan jenis font standar, seperti Times New Roman ukuran 12 untuk memberi kesan formal.

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Guest Comment