Pages

Labels

8/4/12

Contoh Laporan Hasil Wawancara dengan Penyajian Dialog

Digital Online Class  -   Wawancara, menurut KBBI, adalah 1 tanya jawab dengan seseorang (pejabat, dsb) yang diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya mengenai suatu hal, untuk dimuat di surat kabar, disiarkan melalui radio, atau ditayangkan pada layar televisi; 2 tanya jawab disereksi (kepala personalia, kepala humas) perusahaan dengan pelamar pekerjaan; 3 tanya jawab peneliti dengan narasumber.
Dari sudut jurnalistik, wawancara merupakan salah satu cara mencari bahan laporan paling menarik dan mengasyikkan. Pembaca mungkin berpikir bahwa wawancara menuntut kecakapan dan keterampilan yang tinggi serta kualitas tertentu dari pewawancara.

Hal-hal yang harus diperhatikan agar tulisan hasil wawancara menarik bagi para pembaca

1.   Kata-kata yang diucapkan narasumber hendaknya ditulis apa adanya. Hal ini akan membuat cerita tersebut hidup. Seolah-olah narasumber langsung bercerita pada setiap pembaca. Keterangan mengenai keadaan sekitar narasumber membantu pembaca untuk melihat narasumber ketika diwawancarai.
2.   Kejadian-kejadian, keterangan-keterangan, dan pendapatpendapat yang diberikan narasumber mempunyai bobot terhadap tulisan, namun usahakanlah agar lebih jeli dalam penyampaiannya.
3.   Wawancara menjadi efektif jika tujuan pewawancara jelas, yaitu untuk memberi informasi, hiburan, bimbingan praktis, atau laporan.
4.   Penyajian hasil wawancara sebenarnya tergantung pada pewancara, bisa berupa narasi, dialog, esai, deskripsi, dan sebagainya.
 
Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Wawancara

Pada saat wawancara perlu memperhatikan pegangan umum pelaksanaan wawancara berikut ini.

1. Jelaskan dulu identitas kamu sebelum wawancara dimulai dan kemukakan tujuan wawancara.
2. Mulai wawancara dengan pertanyaan yang ringan dan bersifat umum. Lakukanlah pendekatan tidak langsung pada persoalan, misalnya lebih baik tanyakan dulu soal kesenangan atau hobi tokoh. Jika dia sudah asyik berbicara, baru hubungkan dengan persoalan yang menjadi topik kamu.
3.  Sebutkan nama narasumber secara lengkap dan bawalah buku catatan, alat tulis, atau tape recorder saat melakukan wawancara.
4. Dengarkan pendapat dan informasi secara saksama, usahakan tidak menyela agar keterangan tidak terputus. Jangan meminta pengulangan jawaban dari narasumber.
5.   Hindari pertanyaan yang berbelit-belit.
6.  Harus tetap menjaga suasana agar tetap informatif. Hormati petunjuk narasumber seperti “off the record”, “no comment”, dan lain-lain. Hindari pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber.
7.   Harus pandai mengambil kesimpulan, artinya tidak semua jawaban dicatat.
8.  Beri kesan yang baik setelah wawancara. Jangan lupa mohon diri dan ucapkan terima kasih dan mohon maaf!
9.   Selain itu, kita harus mengetahui betul apa tujuan wawancara.

Contoh wawancara berdasarkan dialog:
 'Banyak Hal Unik dan Beda di Pernikahan Anang-Ashanty'
 
Setiap pasangan ingin pernikahannya berkesan seumur hidup. Maka, lumrah kiranya jika banyak pasangan yang merancang sebegitu unik dan beda pernikahan mereka. Begitupun dengan pernikahan pasangan Anang Hermansyah dan Ashanty. Saya berkesempatan mewawancarai pihak wedding organizer-nya, Rina Gunawan.

Berikut wawancaranya:

Apa sih hal unik dan berbeda pada pernikahan Anang dan Ashanty ini?
Mulai dari acara lamaran hingga resepsi, banyak hal unik dan berbeda. Konsep (resepsi) yang ditawarkan ada beberapa yang unik, ada booth-booth cokelat untuk tamu. Jadi berbeda, semoga tamu juga berkesan.

Apakah ini permintaan khusus dari kedua mempelai?
Benar, pertama kali Ashanty dan Anang datang bilang, "Teh tolong bikinin yang agak unik dan beda, jadi orang dateng kok seru dan beda ya".

Hal unik lainnya?
Hal uniknya bahkan tak sampai di konsep pernikahan yang unik dan berbeda saja. Para undangan juga akan diberi kejutan.

Kalau boleh tahu, kejutan apa tuh?
Surprise-nya nggak bisa dijelasin di sini.

====================================================================
Contoh Laporan Hasil Wawancara dengan Penyajian Narasi


'Banyak Hal Unik dan Beda di Pernikahan Anang-Ashanty'


Setiap pasangan ingin pernikahannya berkesan seumur hidup. Maka, lumrah kiranya jika banyak pasangan yang merancang sebegitu unik dan beda pernikahan mereka.
Begitupun dengan pernikahan pasangan Anang Hermansyah dan Ashanty. Pihak wedding organizer, Rina Gunawan menjelaskan, mulai dari acara lamaran hingga resepsi, banyak hal unik dan berbeda bisa dijumpai di pernikahan pasangan selebriti paling populer tahun ini tersebut.

"Konsep (resepsi) yang ditawarkan ada beberapa yang unik, ada booth-booth cokelat untuk tamu. Jadi berbeda, semoga tamu juga berkesan," tuturnya.

"Pertama kali Ashanty dan Anang datang bilang, 'Teh tolong bikinin yang agak unik dan beda, jadi orang dateng kok seru dan beda ya'," ujarnya.

Bahkan tak sampai di konsep pernikahan yang unik dan berbeda. Para undangan juga akan diberi kejutan. Wah, apa ya?

"Surprise-nya nggak bisa dijelasin di sini," ujarnya.


0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Guest Comment