Pages

Labels

5/20/20

Inilah Manfaat Tumbuhan Kembang Sepatu Yang Tak Banyak Orang Tahu

Wow! Inilah 7 Manfaat Tumbuhan Kembang Sepatu Yang Tak Banyak Orang Tahu

 
Kembang sepatu banyak dijadikan tanaman hias karena bunganya yang cantik. Dengan nama ilmiahnya Hibiscus rosa-sinensis, tumbuhan yang dikenal di Indonesia sebagai Kembang Sepatu ternyata memiliki banyak model dan ciri yang berbeda.

Tumbuhan ini pada masa lalu di Indonesia dapat digunakan untuk membersihkan sepatu menjadi kinclong dan bersih kembali, yang kemudian dijadikan nama “Sepatu”, yang masih melekat hingga kini. Bunga ini juga digunakan untuk menyemir sepatu di India dan sebagai bunga persembahan.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/17/Hibiskus_rosa-sinensis_-_Kwiat.JPG/320px-Hibiskus_rosa-sinensis_-_Kwiat.JPG 
Asli dari daerah Asia Timur, bunga ini dapat hidup di daerah tropis maupun sub tropis. Selain warna dan bentuk bunganya yang beragam dan indah.
Di Sumatra dan Malaysia, kembang sepatu disebut Bunga Raya. Orang Jawa menyebutnya kembang Worawari.
Di Tiongkok, bunga yang berwarna merah digunakan sebagai bahan pewarna makanan. Di Indonesia, daun dan bunga digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Kembang sepatu yang dikeringkan juga diminum sebagai teh.
Di Okinawa, Jepang digunakan sebagai tanaman pagar. Di bagian selatan Okinawa, tanaman ini disebut Gushōnu hana (bunga kehidupan sesudah mati) sehingga banyak ditanam di makam.
Kembang Sepatu punya banyak manfaatnya. Ternyata manfaat kesehatan pun banyak, berikut diantaranya.

1. Berguna untuk rambut

 
Kembang Sepatu punya manfaat untuk merawat rambut. Sebelumnya, daun dari Kembang Sepatu ini bisa menghasilkan sabun dan membersihkan rambut. Melansir dari healthbenefitstimes, tumbuhan Kembang Sepatu memiliki vitamin C dan mineral.

Daun tumbuhan ini juga memiliki anti-inflamasi. Bagian bunganya dapat mengurangi rambut rontok, dan rambut beruban. Kembang Sepatu menjadi solusi rambut rontok karena vitamin A dan C yang ada dapat melawan rambut rontok dan bantu rambut bertumbuh. Selain itu, Kembang Sepatu  bisa juga untuk menghilangkan ketombe.


2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

 

Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa Kembang Sepatu bisa membantu sel yang bertugas untuk jadi pelindung atau sistim kekebalan tubuh atau imun dari berbagai penyakit.
Jadi, dengan meminum teh hibiscus bisa membantu sistim imun dalam tubuh Anda agar lebih kuat untuk mencegah atau melawan penyakit.

3. Mengurangi kolesterol dan darah tinggi

 
Mengonsumsi hibiscus pun dapat membantu merendahkan kadar kolesterol Anda. Penelitian mengatakan bahwa ekstrak dari bagian bunga hibiscus ini bisa bantu arteri yang tersumbat sebanyak 22 persen!

Kadar saponin dalam kembang sepatu mengikat kolesterol, serta mencegah penyerapannya juga. Sama halnya dengan mengobati kolesterol, tumbuhan ini bisa bantu mengobati darah tinggi atau hipertensi. Melansir dari livelittlelonger, ada senyawa bioflavonoid dalam teh tumbuhan hibiscus yang bisa membuat jantung lebih sehat.

4. Mengurangi racun dan bantu kurangi berat badan

 

Tumbuhan hibiscus memiliki banyak nutrisi dan mineral. Dengan begitu, bisa membantu tubuh mengurangi penyerapan terhadap lemak dan karbohidrat. Selain itu, tumbuhan ini memiliki antidioksidan tinggi yang menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme tubuh.


5. Bantu mencegah kanker kulit

 
Tumbuhan hibiscus pun dapat mengobati kanker kulit dengan sifat protektifnya. Menurut penelitian, mengoleskan ekstrak hibiscus sebelum terkena radiasi UV dan bahan kimia beracun, dapat mengembalikan enzim pelindung dan mencegah sel yang rusak.

6. Menyembuhkan demam dan sembelit

 
Ternyata tumbuhan hibiscus sudah digunakan untuk pengobatan sejak lama. Karena efek dari bunga hibiscus dapat mengurangi suhu tubuh, jadi bantu menurunkan panas demam. Pengobatan tersebut dilakukan oleh orang Mesir zaman dahulu.

Sedangkan di Afrika, bunga dari tumbuhan ini digunakan untuk mengurangi gejala sembelit. Tak hanya itu, dilansir dari livealittlelonger, teh dari tumbuhan hibiscus ini bisa mengobati sakit perut karena menstruasi dan mengobati menopause.


7. Bantu obati depresi

 
Karena mempunyai manfaat untuk membantu melancarkan darah, tumbuhan hibiscus punya cara untuk melindungi otak kita. Penelitian mengatakan bahwa polyphenols dapat meningkatkan peredaran darah.

Beberapa penelitian lain masih terus dilakukan. Namun, untuk sekarang dapat dikatakan bahwa tumbuhan hibiscus atau yang dikenal sebagai Kembang Sepatu bisa menjadi obat tradisional untuk depresi. (IndoCropCircles.com)

Pustaka:

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Guest Comment