Pages

Labels

5/21/20

Inilah Dokumen-Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan


Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan
Di situs lowongan kerja akan ditemukan banyak sekali lowongan pekerjaan dari berbagai divisi, bidang maupun perusahaan. Memang tidak mudah melamar pekerjaan di situs tersebut, namun tidak ada salahnya untuk mencari tahu email HRD perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

Jika sudah menemukannya, bisa langsung melamar pekerjaan lewat email. Karena, melamar pekerjaan lewat email akan lebih efektif dibandingkan langsung melamar di situs. Oleh sebab itu, harus dihindari kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja.

Tidak itu saja, ketika dipanggil interview, yang harus di bawa  adalah dokumen-dokumen yang diperlukan. Nah, berikut ini dokumen penting untuk melamar pekerjaan yang wajib dibawa atau dilampirkan.

CATAT! Ini Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan

Buat yang ingin mendapatkan pekerjaan di tempat yang diinginkan, jangan lupa untuk membawa dokumen berikut ini ya!

1. Fotokopi Ijazah

Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan
Fotokopi Ijazah

Dokumen penting untuk melamar pekerjaan yang pertama adalah Fotokopi Ijazah. Surat lamaran kerja yang menarik dilengkapi dengan lampiran fotokopi atau scan ijazah. Karena, HRD perusahaan harus tahu nomor ijazah untuk mengecek ijazah asli atau tidak.

2. CV (Curriculum Vitae)

Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan
CV (Curriculum Vitae)

Dokumen penting untuk melamar pekerjaan yang kedua adalah CV atau kepanjangan dari Curriculum Vitae. Nah, untuk membuat CV yang menarik, diharuskan untuk memasukan data diri, pengalaman kerja maupun pengalaman organisasi. Selain itu juga harus menyertakan skill yang dikuasai agar HRD tertarik untuk merekrut.

3. Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)

Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan
Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)

Dokumen penting untuk melamar pekerjaan yang ketiga adalah fotokopi KTP atau Kartu Tanda Penduduk. KTP bukan hanya berfungsi untuk membuka HP. Tapi, KTP juga diperlukan sebagai dokumen sebagai identitas warga negara Indonesia atau bukan.

4. Fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan
Fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Dokumen penting untuk melamar pekerjaan yang keempat adalah fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Beberapa perusahaan memang membutuhkan SKCK agar terlihat sebagai warga negara Indonesia yang berkelakuan baik atau tidak atau tidak pernah terlibat tindakan kriminal.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk menyiapkan dokumen SKCK ini. Apalagi untuk para fresh graduate yang baru lulus kuliah. Nah, untuk membuat SKCK sekarang sudah bisa secara online, atau datang ke Polsek sesuai domisili.

5. Fotokopi Sertifikat

Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan
Fotokopi Sertifikat

Dokumen penting untuk melamar pekerjaan yang terakhir adalah fotokopi sertifikat. Nah, salah satu hal yang harus dilakukan sebelum lulus kuliah adalah dapat mengikuti berbagai program keahlian maupun seminar. Sertifikat tersebut dapat dilampirkan sebagai dokumen untuk melamar kerja.

Hal ini bertujuan agar mendapatkan nilai lebih di mata HRD. Karena dinilai sebagai orang yang aktif. Walaupun belum punya pengalaman kerja, tidak ada salahnya melampirkan fotokopi sertifikat!
[artikel sudah diedit seperlunya]

sumber

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Guest Comment