menu digital

14/10/11

Melatih Pergerakan Mata Dalam Membaca Cepat

Digital Online Class - Setelah Anda sering berlatih mengenali kata dan mengenali frasa dalam membaca, tentunya Anda sudah tidak lagi membaca kata demi kata satu persatu. Nah, sekarang kita akan bergerak lebih jauh lagi untuk mengembangkan kebiasaan membaca cepat ini. Sekarang, kita akan masuk ke latihan pergerakan mata. Disini kita akan melatih irama pergerakan mata kita dalam membaca.

Untuk melatih mata kita agar terbiasa memiliki jangkauan fiksasi yang terdiri dari beberapa kata sekaligus, caranya adalah sebagai berikut. Oh ya, jika Anda masih belum mengerti tentang fiksasi mata dalam membaca, silahkan membaca artikel sebelumnya.

Kita sudah sangat terbiasa menggerakan mata kita mengikuti baris bacaan dari kiri ke kanan pada setiap halaman, untuk ‘mengambil’ satu kata demi satu kata. Nah, untuk memaksa mata kita mengambil sekaligus beberapa kata dalam sekali fiksasi, kita buat garis vertikal pada setiap halaman bacaan seperti berikut ini.

contohbacaan-1

Pada setiap halaman, kita buat garis yang membagi bacaan menjadi empat kolom. Nah, selanjutnya, mulailah membaca. Namun, paksakan mata Anda untuk tidak lagi berhenti di setiap kata.

Ketika mulai membaca baris pertama, fokuskan mata ke tengah kolom pertama di baris pertama, lalu tangkaplah semua kata yang ada di dalamnya (‘Sebelum berangkat’) dalam sekali pAndang. Lalu langsung fokus ke tengah kolom kedua, dan tangkaplah sekaligus dua kata ‘memang kita’. Berikutnya ke kolom ketiga, tangkaplah sekaligus ‘menyadari ada’. Keempat, langsung tangkap tiga kata ‘penonton, ada arena’.

Demikian juga untuk baris-baris berikutnya. Dengan cara ini, Anda akan memaksa mata Anda berlatih untuk hanya melakukan fiksasi (berhenti untuk menangkap kata) empat kali saja dalam satu baris.

Semakin Anda mahir, Anda bisa mengurangi jumlah kolom perhalaman bacaan menjadi hanya tiga atau dua kolom saja. Dengan demikian, artinya jangkauan fiksasi mata Anda menjadi lebih luas lagi.

Kelak, jika Anda sudah sangat terbiasa membaca dengan cara ini, garis-garis yang membagi setiap halaman menjadi kolom-kolom itu cukup garis imajiner saja. Anda tidak lagi perlu garis yang nyata di setiap halaman.

Saya beri satu contoh bacaan empat kolom di sini, meski selanjutnya Anda bisa membuatnya sendiri. Jika sudah terbiasa, cobalah untuk membuat latihan bacaan tiga kolom atau dua kolom untuk memperluas jangkauan fiksasi mata Anda.

Bacaan di bawah terdiri dari 196 kata. Ambillah stopwatch sebelum mulai membaca, dan hitung kecepatan baca Anda.

Selamat berlatih.

contohbacaan-2

Sumber teks: Kompas.com

SUMBER

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...