Pages

Labels

12/8/11

Mahasiswa UNY Ciptakan E-Book untuk Siswa SMK

Digital Online Class - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) melahirkan inovasi di berbagai bidang, tidak terkecuali di bidang pendidikan.

Foto : UNY
Foto : UNY



Kali ini inovasi muncul untuk mengubah bentuk buku pelajaran konservatif menjadi lebih modern dan menarik perhatian para pelajar. Hal ini merupakan kreasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Tika Ekaningrum.

Sebagai tugas akhir skripsinya, Tika menciptakan buku elektronik berbasis multimedia. Buku modern ini diperuntukkan bagi pelajar SMK kelas X mengenai kompetensi keahlian teknik komputer jaringan.

Menurut Tika, latar belakangan pembuatan buku ini adalah belum tersedianya buku kompetensi keahlian komputer dan jaringan berbasis elektronik bagi pelajar SMK. Padahal pembahasan tersebut merupakan salah satu kompetensi keahlian di tingkat SMK.

Tika menyebutkan, unsur multimedia dalam hasil karyanya menjadi nilai lebih jika dibandingkan dengan buku cetak pada umumnya. "Memasukkan unsur multimedia ke dalam buku sekolah elektronik, diharapkan memberi nilai lebih pada buku sekolah elektronik dan meningkatkan minat baca di kalangan pelajar Indonesia," ujar Tika seperti dikutip dari laman UNY, Kamis (8/12/2011).

Multimedia yang ada dalam buku elektronik tersebut, lanjutnya, adalah perpaduaan antara berbagai format file. Mulai dari tulisan, gambar, grafik, animasi, hingga video interaksi. Dengan demikian, interaktif siswa lebih terbangun.

Meski berbentuk elektronik, buku ciptaan Tika tetap disesuaikan dengan silabus yang ada. "Buku sekolah elektronik ini terdiri atas tujuh bab di antaranya dasar listrik elekronika, sistem operasi, instalasi personal komputer, serta perawatan PC, dan peripheral," katanya menjelaskan.

Pada setiap akhir bab, terdapat soal latihan untuk mengetahui sejauh mana siswa menyerap materi buku elektronik tersebut. "Soal latihan bersifat interaktif, di mana pengguna dapat langsung menjawab pertanyaan dan mengetahui nilai akhir dari soal-soal yang telah dikerjakan," tuturnya.

Meski berbentuk digital, materi pada buku elektronik ini tetap bisa dinikmati dalam bentuk cetak (hard copy) serta sejumlah fasilitas lainnya. Dengan karya ini, Tika berharap dapat membantu para guru dalam merancang sumber pengajaran yang interaktif.(mrg)(rhs)

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Guest Comment