Pages

Labels

3/23/11

Tips Mengorek Informasi Dari Nara Sumber

DIGITALONLINECLASS - Kegiatan menjadi pewarta hanya meliputi beberapa hal, salah satu nya meliput berita atau liputan. Dalam Meliput berita atau liputan si wartawan pasti melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi yang selengkap-lengkapnya, karena kelengkapan berita merupakan salah satu dari syarat nilai berita. Jika isi berita tidak lengkap maka sudah pasti ketika sampai di meja redaksi berita itu hanya dirobek lalu dibuang ketempat sampah. Sakit hati bukan?!


Ilustrasi by google


Maka dari itu saya berikan beberapa tips mengorek informasi dari nara sumber agar berita teman-teman yang sedang belajar jurnalistik tidak menjadi hiasan tempat sampah si bapak kepala redaktur itu.

Tips nya sebagai berikut:
  1. Bersikap sopan kepada nara sumber.
  2. Jangan membantah pendapat nara sumber, namun jika berita ingin terlihat lebih dalam, buatlah suatu persepsi dari kamu yang membuat nara sumber terpancing untuk membuka mulut nya lebih lebar.
  3. Jika nara sumber tidak mau membuka mulut maka jangan dipaksa, yang tepat adalah buatlah suatu sikap atau persepsi yang membuat nara sumber terpancing untuk mengatakan sesuatu.
  4. Buatlah nara sumber merasa informasi yang dia berikan bermanfaat untuk masyarakat, sehingga dia merasa bangga dan terbuai dalam kebanggaan. Hasilnya sudah tentu nara sumber akan banyak bicara.
  5. Jika nara sumber tidak mau memberikan informasi dengan detail maka buatlah pertanyaan yang mengkira-kira tentang detail dari informasi tersebut, hal ini secara otomatis akan membuat nara sumber terpancing untuk menceritakan detail dari informasi tersebut.
  6. Berfikir skeptis.
  7. Berfikir menjadi konsumen berita, sehingga kita mampu membuat pertanyaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  8. Jangan takut membuat nara sumber merasa tidak nyaman, karena pekerjaan wartawan adalah memberikan informasi yang sebaik-baik nya untuk masyarakat, lagi pula hal yang wajar jika nara sumber merasa tidak nyaman dengan dihujani pertanyaan, asalkan sopan dan tidak memaksa.

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Guest Comment