Pages

Labels

7/7/10

Proposal


Bila akan melaksanakan kegiatan, biasanya akan dibuat perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan tersebut dapat melibatkan diri kita sebagai  individu dan pelaksana atau melibatkan banyak orang. Perencanaan itu kemudian disampaikan kepada pihak-pihak yang perlu mengetahui kegiatan tersebut dengan tujuan memperoleh persetujuan, bantuan, atau keterlibatan mereka dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Perencanaan suatu kegiatan itu dapat disebut proposal.

Bahasa Proposal
Bahasa yang digunakan dalam proposal harus menggunakan kalimat yang bersih, akurat, tidak ambigu, dan kalimat efektif. Mengapa demikian? bahasa yang digunakan dalam proposal juga mencerminkan isi proposal tersebut.

Unsur-unsur Proposal
Proposal yang baik sekurang-kurangnya mencantumkan unsur-unsur berikut ini.
  1. Nama kegiatan (Judul), Nama kegiatan/judul yang akan dilaksanakan tercermin dalam judul proposal.
  2. Latar belakang, Latar belakang proposal berisi pokok-pokok pemikiran dan alasan perlunya diadakan kegiatan tertentu.
  3. Tujuan kegiatan, Penyusunan proposal harus merumuskan tujuan sedemikian rupa agar target yang akan dicapai dan nilai tambah yang diperoleh dapat dirasakan oleh pembaca proposal. Oleh karena itu, tujuan harus dijabarkan supaya tampak manfaatnya.
  4. Tema kegiatan, Tema adalah hal yang mendasari kegiatan tersebut.
  5. Sasaran/peserta, Penyusun proposal harus menetapkan secara tegas siapa yang akan dilibatkan dalam kegiatan tersebut.
  6. Tempat dan waktu kegiatan, Dalam proposal harus dituliskan secara jelas kapan dan di mana kegiatan akan dilaksanakan.
  7. Kepanitiaan, Penyelenggara atau susunan panitia harus dicantumkan dalam proposal dan ditulis secara rinci.
  8. Rencana anggaran kegiatan, Penulis proposal harus menyusun anggaran biaya yang logis dan realistis, serta memperhatikan keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.
  9. Penutup, Isi penutup adalah ucapan terima kasih untuk  semua pihak.
Susunan di atas tidaklah baku, bisa bervariasi  sesuai dengan jenis dan tema kegiatan. Yang penting adalah latar belakang dan tujuan yang hendaknya dirumuskan secara tepat dan tajam. Rumusan itu dapat meyakinkan pihak yang terkait sehingga menyetujui dan mengabulkan usulan proposal itu.
 


Contoh Proposal: Download disini
 
Jika kamu dibawa ke link tertentu, maka kamu klik SKIP ADD di pojok kanan layar setelah itu download dan isikan kodenya terlebih dahulu

Sumber : Bahasa dan Satra Indonesia, Oleh Siswasih dan Kanen M. Ridwan

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Guest Comment